Home » , , , » Kegiatan Bantara Pembawa Sejuta Manfaat

Kegiatan Bantara Pembawa Sejuta Manfaat

Kamis (23/04/2015), SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten mengadakan kegiatan Pelantikan Bantara. Kegiatan yang diselenggarakan di SMP Negeri 4 Satu Atap, Mentasan, Kawunganten tersebut berlangsung selama tiga hari dan berakhir pada hari Sabtu (25/04/2015).

Kegiatan tersebut diikuti oleh siswa-siswi kelas X sebagai peserta. Sedangkan sebagian siswa kelas XI dan XII bertindak sebagai panitia penyelenggara.

Pada hari pertama, dilakukan perjalanan menuju lokasi yang ditempuh dengan berlajan kaki selama 2,5 jam. Sesampainya di lokasi, semua peserta ditugaskan untuk mendirikan tenda masing-masing dan penataan dapur umum.

Pada hari kedua, seluruh peserta mengikuti acara penanaman pohon bersama, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan jelajah wahana di sore hari. Setelah malam tiba, semua peserta menjalani kegiatan upacara api unggun yang disusul dengan acara sarasehan pada pukul 21:00 WIB.

Pukul 01:30 dini hari, selruh peserta kelas X mengikuti jalannya pencarian kelopak Bantara. Setelah itu para peserta diarahkan untuk menjalani acara renungan malam yang diisi dengan kata-kata mutiara, motivasi, nyanyian, maupun tangisan. Kemudian diadakan upacara pelantikan bantara bagi seluruh peserta yang mengikuti acara tersebut.

Hari ketiga, semua peserta melaksanakan kegiatan apel pagi yang dilanjutkan dengan lomba memasak. Selain itu, acara bakti sosial kepada penduduk sekitar pun dijalankan dengan pembagian bahan sembako. Kemudian acara apel penutupan dan pembongkaran tenda pun dimulai. Semua kegiatan tersebut diakhiri dengan perjalanan menuju sekolah kembali.

"Kegiatan bantara adalah kegiatan yang menarik, menambah pengetahuan, mendidik, dan melatih diri lebih mandiri," ujar Ana Restiani (16), salah seorang peserta.

Selain itu banyak manfaat yang dapat diambil dari acara ini. Sama halnya dengan yang diutarakan oleh Eka Putri Nur Fatmawati, S.Pd. (23), selaku Guru Pembimbing, "Manfaat kegiatan bantara sangatlah banyak. Di antaranya, siswa menjadi mandiri, melatih kedisiplinan, dan bersosialisasi dengan masyarakat."

Untuk itu, diharapkan kegiatan bantara ini akan terus diadakan untuk tahun ke depannya. Karena manfaat yang dapat diambil begitu banyak.

Andika Kiki Riana, X AP
Anggota Ekskul Jurnalistik, SMK Tarbiyatul Islam Kawunganten

Featured Posts